Kamis, 15 Juli 2021

Headlamp LED Mobil: Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu LED untuk Mobil

Dalam sebuah kendaraan seperti mobil, lampu yang berada di bagian eksterior kendaraan tidak hanya sebagai aksesoris dan memberi pencahayaan saja. Namun fungsinya juga untuk menunjang keamanan dan keselamatan dalam berkendara, seperti pada bagian headlamp atau lampu utama mobil, foglamp (lampu kabut), dll. Untuk kebutuhan lampu utama, saat ini headlamp LED mobil terbilang lebih cukup diminati. Hal ini dikarenakan lampu jenis LED (Light Emitting Diodes) dikatakan bisa memberikan pencahayaan yang bagus dan lebih hemat energi listrik.

 

Dahulu lampu jenis LED lebih banyak digunakan sebagai lampu penerang ruangan, lampu rem, dan lampu plat nomor. Namun seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, banyak yang akhirnya menggunakan lampu LED sebagai headlamp (lampu utama). Bahkan pabrikan mobil saat ini juga sebagian besar juga sudah menyematkan headlamp LED mobil untuk produk keluarannya. Tentu salah satu alasannya karena lampu LED dinilai memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan lampu halogen.


Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu LED untuk Mobil
 

Untuk kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED jika digunakan pada mobil, yaitu :

  1. Lebih awet atau tahan lama.

Banyak orang yang sudah pernah menggunakan lampu LED maupun halogen bisa membandingkan, jika antara kedua lampu ini untuk jenis LED dinilai lebih awet atau tahan lama. Namun anggapan ini belum bisa dibenarkan secara pasti, meskipun tidak bisa disanggah juga. Karena sebenarnya secara durasi penggunaan tidak ada patokan yang pasti antara kedua jenis lampu ini. Yang mana dari segi keawetan bisa saja antara lampu LED dengan lampu halogen hampir sama.

 

  1. Memiliki watt yang kecil.

Karena watt pada lampu LED cukup rendah, maka untuk menghidupkan lampu jenis ini tidak perlu menggunakan aki besar dan alternator yang bekerja dengan ekstra. Karena hal ini jugalah yang membuat penggunaan lampu LED lebih hemat listrik.

 

  1. Lebih terang.

Lampu LED mobil memiliki pancaran yang lebih terang jika digunakan untuk berkendara di malam hari. Sinarnya berwarna putih kebiruan yang akan membuat penampilan mobil menjadi lebih menarik dan terlihat modern.

 

  1. Tidak cepat membuat mika lampu menguning.

Lampu LED menghasilkan sinar dengan temperatur yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu halogen. Sehingga lampu jenis ini lebih bersahabat terhadap mika lampu karena tidak membuatnya cepat menguning atau buram.


Meskipun memiliki berbagai kelebihan, lampu LED nyatanya juga memiliki kekurangan tersendiri, antara lain:

 

  1. Sinar pada lampu LED kurang tebal.

Jika dibandingkan dengan lampu halogen, sinar pada lampu LED terbilang kurang tebal.

 

  1. Kurang cocok digunakan saat berada di jalanan berkabut, saat hujan, dll.

Dengan sinar cahaya yang berwarna putih, lampu LED kurang bagus untuk menembus jalanan dengan kondisi berkabut, hujan lebat, dll. Karena saat kondisi ini justru lampu LED menjadi menyilaukan dan membuat mata kurang nyaman.

 

  1. Harga yang relatif lebih mahal.

Dibandingkan lampu halogen, lampu LED terbilang lebih mahal didapatkan. Hal ini lantaran lampu LED jarang dijual secara satuan. Kebanyakan lampu-lampu LED aftermarket lah yang dijual untuk menggantikan lampu LED bawaan mobil, yang mana sudah dalam kondisi rangkaian dari beberapa lampu LED.

 

  1. Membuat bagian mesin panas.

Lampu LED menghasilkan sinar yang dingin, namun justru menimbulkan panas pada bagian mesin. Sehingga pada bagian ini perlu dipasangi pendingin berupa heatsink, fan, maupun pendingin air. Dan hal ini dinilai kurang praktis.

 

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari lampu LED yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika membelinya. Bagi Anda yang sedang mencari headlamp LED mobil atau kebutuhan lampu jenis lainnya, kunjungi website Rumahmodifikasi.com. Disini ada banyak pilihan produk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan harga juga terjangkau.