Sabtu, 24 Juli 2021

Ini Beberapa Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti sekarang ini, penting sekali untuk menjaga sistem imun tubuh agar tidak drop. Karena ketika sistem imun tubuh stabil atau terjaga, akan sangat bagus untuk pertahanan tubuh dari berbagai virus atau bakteri yang mengancam kesehatan tubuh. Termasuk juga untuk pertahanan tubuh dari virus corona. Untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berolahraga menjadi salah satu cara yang cukup dianjurkan untuk dilakukan.

 

Seperti yang kita ketahui, olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat olahraga adalah mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Hal ini dikarenakan ketika melakukan olahraga, maka aktivitas kontraksi otot yang terjadi bisa memacu aliran darah dan getah bening. Sirkulasi sel-sel kekebalan juga ikut meningkat, sehingga semakin banyak juga sel kekebalan yang beredar ke seluruh bagian tubuh.

 

Dengan berolahraga juga mampu menambah sel kekebalan, seperti sel penyerang kuman dan sel T. Sel-sel ini bisa dengan cepat membantu menemukan patogen, seperti virus untuk kemudian membasminya. Namun yang perlu diketahui, respon kekebalan tubuh dari manfaat berolahraga ini bisa bertahan dan terjadi ketika melakukan olahraga secara rutin. Sehingga ketika berolahraga secara rutin terus-menerus, maka akan semakin baik juga respon kekebalan tubuh.

 

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sesuai dengan selera atau keinginan. Namun mengingat masih di masa pandemi, sebaiknya lakukan olahraga di rumah saja. Adapun rekomendasi jenis olahraga yang cocok dilakukan di rumah saat masa pandemi, antara lain :

Ini Beberapa Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Masa Pandemi

 

  1. Jalan cepat.

Meskipun terlihat remeh dan sederhana, namun jalan cepat merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang cukup efektif untuk menjaga kebugaran tubuh. Jalan cepat ini bisa dilakukan dengan cara mengelilingi bagian dalam atau luar rumah selama 10 menit hingga 15 menit. Lakukan olahraga jalan cepat ini sebanyak 2-3 kali setiap hari.

 

  1. Naik turun tangga.

Jika di rumah Anda memiliki tangga, maka bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk berolahraga sederhana. Untuk caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu naik dan turun tangga selama 10-15 menit. Lakukan olahraga ini sebanyak 2-3 kali setiap harinya. Perlu diketahui, naik turun tangga merupakan salah satu jenis olahraga aerobik.

 

  1. Senam.

Jika bosan dengan jenis olahraga yang sudah disarankan sebelumnya, maka Anda bisa mempertimbangkan melakukan olahraga senam. Untuk panduan senam, Anda bisa melihat video senam dari internet. Atau alternatif lainnya adalah dengan mengikuti kelas senam online yang ada di DOOgether. Karena di aplikasi DOOgether, Anda bisa berolahraga dengan membooking kelas olahraga yang diinginkan secara online. DOOgether sudah bekerja sama dengan banyak tempat fitness center yang ada di Indonesia. Anda bisa cek tempat fitness murah lewat DOOgether jika ingin menghemat pengeluaran.

 

  1. Latihan kekuatan otot.

Ada banyak jenis latihan kekuatan otot yang bisa dilakukan, seperti push up, squat, lunges, dll. Pilih jenis latihan yang memang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Untuk olahraga yang ditujukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya lakukan dengan intensitas sedang saja.

 

Agar berolahraga di rumah tidak membosankan, opsi yang mungkin bisa digunakan adalah melalui aplikasi DOOgether yang Anda bisa download lewat website yang beralamat di https://doogether.id/. Aplikasi yang satu ini sangat berguna untuk membantu berolahraga secara online dari rumah. Anda bisa cek tempat fitness murah lewat DOOgether. Lewat aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk booking kelas olahraga online yang diminati. Menariknya, jika booking lewat aplikasinya secara langsung akan ada banyak promo khusus yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran.