Kamis, 02 September 2021

Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki Untuk Bermain dan Belajar

Bermain merupakan momen yang menyenangkan untuk anak-anak. Kita bisa menyebutnya dunia anak adalah dunia bermain. Beragam permainan memiliki peran penting dalam pertumbuhan anak. Untuk itu, peranan orang tua menjadi penting dalam memilih permainan untuk si buah hati baik anak laki-laki maupun anak perempuan.

Mainan yang diberikan kepada anak dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengasah keterampilan, kreativitas, dan media belajar.

Mainan anak laki-laki misalnya, banyak yang berhubungan dengan kemampuan mekanik dan spasial, seperti mobil-mobilan, robot transformers, catur, lego, dan lain sebagainya. Sedangkan anak perempuan, cenderung menyukai karakter boneka.

Karena secara genetik anak perempuan lebih menyukai wajah, sedangkan anak laki-laki dilahirkan dengan massa otot yang lebih besar.

Namun, ada beberapa mainan anak laki-laki yang bisa dimainkan anak perempuan juga, lho. Berikut kami rekomendasikan permainan untuk buah hati Anda.

Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki Untuk Bermain dan Belajar

Mainan Anak Laki-laki

Catur

Mainan catur bagus untuk mengajarkan cara berpikir kritis dan menganalisa situasi bagi si anak. Permainan menggunakan pion ini mengajarkan agar si anak tidak manja dalam proses berpikir.

Buah hati anda akan berusaha untuk berpikir kritis dalam menganalisa tindakan lawan serta mengatur strategi untuk mengalahkan lawan mainnya. Jika anda ingin menghilangkan sifat manja pada si buah hati, tidak ada salahnya mengajari anak untuk bermain permainan satu ini. Dengan mengajari si buah hati permainan ini, nantinya buah hati anda akan terbiasa belajar dan berpikir mandiri.


Lego

Mainan konstruksi yang terbuat dari plastik ini sangat digemari anak-anak. Tidak hanya sekedar mainan, lego juga memiliki nilai edukasi untuk anak-anak lho, bun.

Lego terdiri dari bricks dengan beberapa bulatan di permukaannya. Anak-anak bisa meningkatkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan menempel bricks satu dengan bricks yang lain dengan tepat.

Permainan ini juga mengasah kreativitas anak-anak anda dan melatihnya untuk berusaha memecahkan masalah ketika sedang stuck dalam menyusunnya. Permainan ini juga asyik jika dimainkan bersama teman-teman si buah hati, lho.

Dengan bermain ramai-ramai, maka si anak akan belajar bekerja sama dan sosialisasi dengan teman-temannya. Bentuknya yang beragam dan berwarna juga membantu si buah hati anda belajar mengenal warna dan bentuk.


Rubik

Permainan yang tidak kalah seru berikutnya adalah rubik. Rubik yang memiliki bentuk kubus berukuran 3x3x3 ini terkadang membuat pemainnya bingung untuk menyelesaikannya.

Rubik yang biasanya terbuat dari plastik atau kayu dengan 26 bagian kecil yang dapat berputar pada poros ini pertama kali dibuat oleh profesor arsitektur Hungaria bernama Erno Rubik pada tahun 1978 silam, lho.

Setiap sisi dari kubus memiliki sembilan permukaan dan terdiri dari enam warna yang berbeda, antara lain merah, kuning, hijau, putih, biru, dan jingga.

Permainan ini memang tergolong permainan yang unik karena memiliki teka-teki sehingga membuat pemainnya tertantang untuk menyelesaikannya. Oleh sebab itu, permainan ini cocok untuk meningkatkan kemampuan otak pada si anak.


Mobil-mobilan

Mobil-mobilan ialah mainan yang sering diberikan orang tua kepada anak laki-lakinya. Mainan ini memang mudah dijumpai di pusat perbelanjaan hingga toko-toko di pinggir jalan.

Mainan ini beragam ukuran, dari yang berukuran besar bisa dinaiki hingga ukuran mini. Untuk orang tua yang ingin membelikan si buah hati mainan satu ini, tidak perlu khawatir, permainan ini juga memberikan manfaat untuk si buah hati lho. Diantaranya, kemampuan kognisi.

Anak-anak belajar mengenai hubungan sebab akibat seperti saat mobil-mobilannya jatuh di jalur penghubung, dengan hal itu si buah hati anda belajar menandai bagian-bagian dasar dari mobil. Kemampuan bicara, anak-anak akan belajar mengenali kosakata bagian-bagian dari mobil seperti menyebut roda, stir, pintu, kunci, sabuk pengaman, dan lain-lain.

Selain itu, anak-anak juga belajar meningkatkan kemampuan motoriknya seperti kemampuan ketangkasan tangan saat memperbaiki mobil-mobilannya apabila ada bagian yang rusak. Jadi, anda tidak perlu ragu lagi untuk membeli permainan satu ini untuk si buah hati, ya.