Senin, 29 November 2021

Tips Foto Produk Yang Menarik Untuk Keperluan Bisnis

Keberadaan istilah Foto produk saat ini sudah bukan istilah asing. Karena sudah hal biasa di lakukan untuk promosi. Walau sebuah produk memiliki kualitas yang bagus dan berguna, tapi tetap membutuhkan promosi agar mendongkrak penjualan. Kecuali produknya menang mutlak karena minim pesaing atau telah dipakai dalam sistem kehidupan sehari-hari, seperti listrik dan air. Maka, nggak usah promosi karena toh juga orang pasti pakai karena sudah kebutuhan dasar.

Tips Foto Produk Yang Menarik Untuk Keperluan Bisnis

Foto Produk Atau Product Photography

Oke, ketika promosi dibutuhkan, membutuhkan iklan yang bagus. Di dalam iklan, ada gambar/foto dan kata-kata. Kalau teknik menjual menggunakan copywriting, membutuhkan teknik sendiri. Begitu juga dengan foto atau visual yang bagus. Ini juga p.e.n.t.i.n.g.

Kenapa? Karena hal pertama yang dilihat itu selalu visual. Ketika orang melihat dan tidak tertarik, maka kemungkinan tidak jadi membeli. Salah satu dari bentuk visual yang menarik dalam iklan adalah foto produk.

Foto produk atau Product Photography kini menjadi jasa yang dicari, karena kebutuhan bisnis dan promosi usaha. Seorang pengusaha tentu ingin barangnya laku, makanya mereka ingin secara tampilan foto produknya terlihat layak dan menarik pembeli. Biasanya mereka akan menggunakan jasa fotografer.

Sebenarnya, di masa sekarang tidak cuma pengusaha dan fotografer yang butuh ilmu atau jasa foto produk. Kemampuan foto produk sendiri juga sebenarnya harus dipunyai seorang influencer, seperti blogger dan influencer di sosmed.

Karena influencer bisa dipercaya banyak brand untuk mengiklankan produk mereka. Tak hanya testimonial saja, influencer setidaknya punya kemampuan estetika dalam memotret produk. Ini menjadi sebuah skill yang seenggaknya mereka punya, suka atau tidak. Kemampuan foto akan menambah ‘value’ influencer.


Tips Foto Produk Yang Baik

Baik itu foto produk makanan, minuman atau baju, semua ada triknya agar bisa menghasilkan foto produk yang baik.

Hal yang disebutkan dibawah ini nggak melulu terpatok teknis. Semua didukung kreativitas dan perhitungan si pengambil foto.

Yuk kita simak triknya disini :


Mengetahui Gaya Atau Style Produk

Sebelum mengambil foto produk, sebaiknya kita tahu gaya atau style foto yang kita tuju. Gaya ini dihasilkan dari mengetahui keinginan dan visi brand. Maunya look seperti apa, agar menarik perhatian siapa, dan sebagainya.

Jika bingung mau gaya seperti apa, ada baiknya kita mencari referensi foto produk yang juga mirip gayanya. Kemudian dimodifikasi dan disesuaikan dengan produk yang mau difoto. Contoh style foto: gaya clean, rustic, colorful atau tradisional.


Mengetahui Angle dan Komposisi Foto Yang Pas

Setiap benda memiliki karakter bentuk tersendiri, dan akan terlihat paling bagus dalam sudut pandang tertentu. Misalnya foto produk kopi, tentu kurang terlihat isinya jika difoto dari angle flatlay atau dari atas. Ia lebih cocok difoto dari sisi samping atau 45 derajat.

Foto produk baju hijab atau gamis, berbeda dengan foto produk masker, karena berbeda bentuk dan tampilannya. Foto gamis tidak akan terlihat jika modelnya terlipat seperti habis disetrika. Dan, ada beberapa angle foto lain yang punya tujuan berbeda dalam mengungkap keunggulan benda.


Buat Cerita Dalam Foto

Dalam membuat foto produk, meski sebenarnya nggak selalu diterapkan setiap fotografer, lebih greget jika ada background cerita. Kenapa? Agar terkesan lebih natural atau alami, tidak terlalu dibuat-buat.

Hal ini juga yang menurut saya paling menarik dalam pengambilan foto, karena seolah mengejar cerita tersampaikan untuk yang melihatnya. Misalnya, produknya popcorn. Ceritanya mau nonton di rumah. Contoh propertinya: remote control TV, bantal kecil, selimut atau minuman.

Nah untuk anda yang tidak mau repot untuk membuat foto produk anda sendiri, anda bisa menggunakan jasa fastwork. Di fastwork anda bisa menemukan freelancer terbaik untuk melakukan foto produk yang cocok dengan anda yang memberikan informasi rating dari setiap profilnya. Jadi anda bisa menentukan freelancer mana yang menurut anda cocok. Selian itu di fastwork memiliki kualitas terbaik di setiap freelancer yang ada. Dan di di fastwork sudah pasti aman dengan jaminan uang kembali. Untuk info lebih lanjut bisa anda kunjungi https://fastwork.id/photography/product.