Selasa, 14 Desember 2021

Selain Faktur, Ini Dokumen Tambahan yang Diperlukan Dalam Kegiatan Impor

Ketika berbincang tentang kegiatan impor, memang memilih jasa kirim barang ke luar negeri atau sebaliknya adalah hal yang penting. Namun, memilih jasa yang tepat bukan satu-satunya hal yang harus diketahui. Selain memilih jasa importir yang tepat, Anda perlu mengetahui adanya dokumen yang diperlukan selama kegiatan impor.

Invoice atau faktur dianggap sebagai salah satu dokumen utama dan paling penting selama proses impor berlangsung. Hal ini dikarenakan faktur menampilkan detail transaksi yang dilakukan.

Namun, perlu diketahui bahwa selain faktur, ada beberapa dokumen tambahan yang juga perlu diketahui dan digunakan dalam kegiatan impor. Apa saja dokumen tambahan tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Selain Faktur, Ini Dokumen Tambahan yang Diperlukan Dalam Kegiatan Impor


Beberapa Dokumen Tambahan yang Penting Untuk Kegiatan Impor

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa dokumen tambahan yang diperlukan dalam kegiatan impor yang dilakukan. Beberapa dokumen yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :


1)      Surat keterangan asal

Surat keterangan asal atau certificate of origin adalah salah satu dokumen tambahan yang sangat penting. Seperti namanya, dokumen ini diperlukan untuk memberikan informasi tambahan tentang asal dari barang yang dikirimkan tersebut.

Kenapa hal ini penting?

Certificate of origin akan memastikan jika barang yang dikirim adalah barang legal sesuai dengan peraturan negara. Selain itu, dengan adanya surat ini, maka ada peluang mendapatkan keringanan pajak dan biaya pengiriman.

2)      Sertifikat analisis

Sertifikat analisis atau certificate of analysis adalah dokumen yang berisi hasil analisis dari produk yang akan diimpor, baik dari Jepang atau dari negara lain. Isi dari dokumen ini adalah kesesuaian detail barang yang diimpor dengan regulasi dari negara yang mengeluarkan dan negara yang dituju.

3)      Sertifikat fumigasi

Dokumen lain yang perlu ditambahkan dalam proses pengiriman barang secara impor adalah sertifikat fumigasi. Sertifikat ini adalah dokumen yang menyatakan jika barang yang diimpor sudah mengalami proses fumigasi sesuai dengan standar yang berlaku.

Proses fumigasi sendiri adalah salah satu proses yang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah guna mengamankan barang yang diimpor ke negara tujuan dari serangan hama atau rayap selama proses pengiriman berlangsung.

4)      Keterangan timbangan

Keterangan timbangan atau weight note merupakan dokumen yang berisi rincian dari setiap kemasan barang sesuai yang tertera dalam detail informasi faktur atau invoice. Dokumen ini tentu saja sangat penting karena akan berpengaruh pada biaya pengiriman serta persiapan alat pengangkut yang disediakan.

Selain keterangan timbangan, ada pula dokumen tentang daftar ukuran. Dokumen kedua ini juga memberikan informasi yang detail terkait kondisi fisik barang yang dikirimkan ke negara tujuan.


Dari paparan di atas, ada beragam dokumen tambahan yang diperlukan selama proses impor berlangsung. Untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan ingin mendapatkan bantuan pengurusan dokumen secara lengkap, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id!

Deskripsi: kirim barang dari Jepang ke Indonesia memerlukan beberapa dokumen tambahan yang penting untuk penunjang aspek legalitas selama pengiriman.